delikreportase.com

Copyright © delikreportase.com
All rights reserved
Desain by : Aditya

LSM LIRA: Waspadai Pungli Sekolah Dengan Dalih Uang Perpisahan

Asep Sulaiman: "Saya minta orang tua di Pelalawan mengkritisi dan melaporkan upaya Pungli dengan dalih uang perpisahan pada Tim Operasi Pemberantasan Pungli (OPP) yang sekarang dirubah menjadi Sapu Bersih Pungli (SBP) di Nomor SMS 1193 atau telpon saja 193, pelapor dijamin dilindungi dan dirahasiakan".

 

KABARRIAU.COM, Pelalawan - Pemberantasan Pungli disegala lini harus dimulai dari yang kecil sampai yang atas. Tidak terkecuali di Sekolah.

Sekertaris Daerah Dewan Perwakilan Daerah (DPD) LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA), Asep Sulaiman meminta orang tua mewaspadai Pungli Sekolah dengan dalih uang perpisahan di Pelalawan, Riau.

"Saya minta orang tua di Pelalawan mengkritisi dan melaporkan upaya Pungli dengan dalih uang perpisahan pada Tim Operasi Pemberantasan Pungli (OPP) yang sekarang dirubah menjadi Sapu Bersih Pugli (SBP) di Nomor SMS 1193 atau telpon saja 193, pelapor dijamin dilindungi dan dirahasiakan" Ujar Asep, Kamis (17/11/16).

Hal ini dikatakannya karena pemerintahan Jokowi telah menyiapkan sistem pelaporan praktik pungutan liar dari masyarakat, termasuk uang perpisahan disekolah yang selama ini sangat meberatkan orang tua di Pelalawan, Riau atau dimanapun. Sistem pelaporan ini dirilis seiring dengan penerbitan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.

"Biasanya setiap tahun para kepala sekolah dengan memakai tangan Komite sekolah selalu mengumpulkan orang tua agar diadakan rapat sekolah, sebenarnya tujuannnya adalah untuk melegalkan Pungli yang terkesan disetujui orang tua murit, padahal orang tua tidak bisa menolak keinginan para oknum Kepsek ini saat rapat karena takut anaknya tidak naik kelas," Jelas Asep yang prihatin pada moralitas oknum pendidik di Pelalawan.

Untuk itu diminta sekolah tidak macam - macam dengan memanfaatkan murit untuk mencari uang tambahan dari hasil sisa melaksanakan perpisahan anak, dan orang tua dihimbau untuk melporkan kalau kejadian tahun lalau berulang lagi setelah Tim Sapu Bersih Pungli Terbentuk.(*)

Liputan  : Basya
Editor    : Robinsar Siburian.
Kategori: Riau.