delikreportase.com

Copyright © delikreportase.com
All rights reserved
Desain by : Aditya

Hadirkan Solusi Terintegrasi, Mitra Bukalapak Genjot Usaha Mikro Indonesia

Jakarta,delikreportase--Mitra Bukalapak, platform online-to-offline (o2o) yang dikembangkan perusahaan teknologi Indonesia Bukalapak ("IDX:BUKA"), menghadirkan solusi terintegrasi bagi usaha mikro dan warung.

Tak tanggung-tanggung, Mitra Bukalapak berhasil mengubah model bisnis warung yang kerap terkendala akibat opsi produk  yang kurang lengkap, sehingga  berpengaruh terhadap perkembangan bisnis. Menggunakan aplikasi Mitra Bukalapak, pemilik warung pun sukses meningkatkan pendapatan hingga tiga kali lipat dari sebelumnya.

Selain itu, Mitra Bukalapak juga berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan total Bukalapak secara signifikan, misal, pada Triwulan I-2023, Mitra Bukalapak berkontribusi sebesar 46% terhadap Total Processing Value (TPV) Bukalapak. Kinerja yang semakin baik ini juga didukung peningkatan jumlah usaha kecil yang terdaftar pada Mitra Bukalapak, yakni dari 13,1 juta pada akhir Maret 2022 hingga 16,8 juta pada akhir Maret 2023.

"Pendekatan kami lebih dari sekadar menyediakan teknologi dan program promosi bagi para Mitra. Lebih dari itu, kami rutin menggelar sesi edukasi dan program-program bagi komunitas Mitra yang mendorong mereka memiliki pola pikir inovatif dan semangat kewirausahaan. Komunitas ini kini beranggotakan 130.000 orang dari seluruh Indonesia. Seluruh anggota komunitas yang bergabung diajak untuk aktif berpartisipasi dengan kegiatan kami, berkenalan dengan pemilik warung lain, memperluas jejaring, serta saling belajar. Kami  yakin bahwa metode peer learning menjadi cara yang paling efektif bagi para pemilik usaha mikro untuk memperoleh inspirasi dan mencapai kesuksesan," ujar Howard Gani, CEO, Mitra Bukalapak.

Menurut riset Nielsen pada November 2022, Mitra Bukalapak mencatat tingkat penetrasi sebesar 57% di kalangan warung yang memakai platform O2O. Hal ini mengukuhkan posisi Mitra Bukalapak sebagai pemimpin pasar O2O.

Pertumbuhan ini ditopang oleh peningkatan variasi produk dan layanan bagi para Mitra. Mitra Bukalapak juga dapat menjual lebih dari 42 jenis produk virtual dan layanan keuangan, mulai dari isi ulang pulsa dan transfer uang hingga game voucher dan tiket kereta. Hal ini  tidak hanya membantu warung mendapatkan kapabilitas peritel modern, namun juga memberdayakan mereka sebagai agen inklusi keuangan di tengah masyarakat.

Disamping membantu pemilik warung mewujudkan kesuksesan finansial, Mitra Bukalapak juga mengedukasi masyarakat agar dapat memiliki pola pikir yang semakin maju dengan semangat kewirausahaan.

"Setelah sukses menciptakan dampak positif bagi warung, ke depannya Mitra Bukalapak akan terus melanjutkan inovasi ini ke berbagai sektor dan vertikal yang memiliki kendala serupa dengan warung," tutup Howard Gani.