delikreportase.com

Copyright © delikreportase.com
All rights reserved
Desain by : Aditya

Air Sungai Siak Mulai Berwarna Hitam

Pekanbaru - Musim kemarau air sungai Siak sekitaran jembatan Siak, Pekanbaru jadi warna hitam karena beberapa faktor, termasuk limbah.

"Tiap musim kemarau, hitam begini (warna air). Kayaknya dari limbah pabrik. Kalau dari limbah domestik warga pastinya nggak akan seperti ini (hitam)," ungkap Sulaiman (50) warga setempat ditemui di bantaran sungai Siak, Kamis (19/7) sedang memancing. 

Para lelaki yang merupakan warga setempat sedang memancing di Sungai Siak. Sekitar pukul 10.30 WIB, di tengah kondisi air sungai yang kelihatan sudah mulai berwarna hitam, mereka berharap muncul ikan dan memakan umpan.

Sulaiman seorang warga Kampung Melayu mengungkapkan memasuki musim kemarau kondisi air sungai Siak pasti berwarna hitam. Tidak hanya itu, saat malam tiba dan kondisi angin tengah besar. 

Maka bau menyengat dari air sungai sampai ke hidung warga yang tinggal tidak jauh dari bantaran sungai. Sulaiman berpikir jika air sungai Siak berwarna hitam disebabkan limbah pabrik yang dibuang langsung ke sungai. Sesekali tiga pria yang asyik memancing tersebut terpaksa turun ke sungai Siak dan menginjak air Sungai Siak. "Kalau kena airnya lengket," ujarnya yang sehari-hari beraktivitas di bantaran Sungai Siak.

Dirinya mengaku mengunakan air Siak unutk mandi. Namun, untuk mengkonsumsi menjadi air inum ia malah mengaku tak berani. "Kalau limbah dari masyarakat pastinya gak akan hitam begini. Ini bisa sja dari pabrik. Bukan hanya ada (pabrik) tapi banyak (yang membuang limbah)," ungkapnya dengan nada kesal. (kbr.jon/*)