delikreportase.com

Copyright © delikreportase.com
All rights reserved
Desain by : Aditya

Kombes Pol Sutrisno Terima Kunjungan Ketua BPRS Prov Riau

Delikreportase Pekanbaru - Badan Pengawas Rumah Sakit (BPRS) Provinsi Riau dan Dinas Kesehatan Provinsi Riau melakukan silaturahmi ke Direktorat Intelkam Polda Riau, Selasa (27/6/23).

Kedatangan mereka disambut dengan baik oleh Direktur Intelkam Polda Riau, Kombes Pol Sutrisno, H.R.,S.I.K.,M.Si, di Ruangan Direktur Intelkam Polda Riau,

Penyambutan BPRS dan Dinas Kesehatan Prov Riau tersebut didampingi Kasubdit Sosbud Dit Intelkam Polda Riau AKBP Sasli Rais. SH, MH. Dalam kegiatan ini antara instansi saling bertukar plakat kenang-kenangan.

Terungkap dalam silaturahmi ini masing-masing lembaga memerlukan dukungan dari lembaga lain untuk melaksanakan tugas serta fungsinya dengan baik, “untuk itu sinergitas menjadi kunci dari keberhasilan dalam menggerakkan masing-masing lembaga,” kata Direktur Intelkam Polda Riau, Sutrisno.

"Karena setiap organisasi tidak bisa melakukan tugas dan fungsinya secara mandiri, tentu membutuhkan sinergi dengan organisasi dan atau instansi lainnya. Khususnya terkait permasalahan di bidang kesehatan di wilayah Prov Riau," ulas alumni Akabri 98 ini.

Dalam lawatan itu selaku Direktur Intelkam Polda Riau, mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada BPRS dan Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

“Kegiatan silaturahmi dan koordinasi ini kami berharap adanya hubungan yang baik antara Direktorat Intelkam Polda Riau dengan BPRS dan Dinas Kesehatan Provinsi Riau didalam melaksanakan dan peran dan fungsi pengawasan Rumah sakit di wilayah Provinsi Riau,” kata Sutrisno. 

Sutrisno berharap sinergitas antar lembaga tersebut menjadikan sebuah kegiatan penguatan yang positif terhadap masing-masing lembaga Pemerintah, “khususnya dibidang Kesehatan yang pada belakangan ini kita dengar adanya penolakan pengesahan RUU Kesehatan (Omnibus Law),” katanya.

Dir berharap BPRS dapat memainkan peran dan fungsinya sesuai dengan kewenangannya didalam menyelesaikan permasalahan perumahsakitan sekaligus sebagai kontrol mutu dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan sehingga masyarakat Prov Riau tidak lagi berobat ke Negara tetangga.

Menjawab pernyataan Dir Intelkam Polda Riau ini sebagai ketua BPRS Prov Riau, dr. Abdullah Qayyum, mengatakan salah satu program unggulan BPRS adalah peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di tengah masyarakat Riau.

“Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan pada Rumah Sakit merupakan program unggulan BPRS Prov Riau dan itu sesuai arahan presiden Joko Widodo menyayangkan banyak warga yang berobat ke negara tetangga sementara kualitas obat maupun pelayanan sama bahkan tenaga medis sendiri banyak dari negara kita,” katanya.

Hal itu dikatakan dr. Abdullah Qayyum, sesuai pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengungkap setiap tahunnya hampir 1 juta warga negara Indonesia (WNI) memilih pergi berobat ke luar negeri. Hal itu menimbulkan hilangnya devisa sekitar US$ 11,5 miliar atau sekira Rp 170 triliun.

Lanjut dr. Abdullah Qayyum, dalam menghadapi “Masyarakat Ekonomi ASEAN 2025” pada 1 Januari 2025, BPRS Prov Riau bersama Dinas Kesehatan Prov Riau menargetkan Riau menjadi daerah epicentrum rujukan pelayanan kesehatan spesialis seperti penyakit jantung, ginjal dan penyakit dalam lainnya dimana anggarannya dari Kemenkes RI.

“Rencana Riau akan membangun Rumah Sakit khusus penyakit dalam di Kota Pekanbaru yang bertaraf Internasional,” katanya.

Lanjut dia, “menjalin hubungan yang baik antar instansi merupakan penunjang dalam melaksanakan tugas dan fungsi Badan Pengawas Rumah Sakit (BPRS) Provinsi Riau,” katanya.

“Tentu koordinasi ini sangat perlu dilakukan sebagai bentuk sinergi dan silaturahmi dengan pemangku kepentingan masing-masing organisasi," beber dr. Abdullah Qayyum. MM, selaku Ketua BPRS Provinsi Riau.

“Kita sangat bangga Polda Riau menyambut baik kunjungan silaturahmi sekaligus kegiatan sinergitas antara BPRS dengan Intelkam Polda Riau,” katanya.

Sementara Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Provinsi Riau H Zainal Arifin yang diwakili Kasi Kesehatan Rujukan, Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Dr. Cinthia Lidyani, M.Kes. juga sangat menyambut baik adanya kegiatan sinergitas antara BPRS dan Polda Riau itu apalagi dalam kegiatan BPRS selalu melibatkan Dinas Kesehatan Prov Riau.**