delikreportase.com

Copyright © delikreportase.com
All rights reserved
Desain by : Aditya

BMKG Ingatkan Pelayaran Laut Ambon, Gelombang Tinggi

 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memberikan peringatan kepada pelaksana tugas (PLT), Kepala BPBD di sembilan kabupaten dan dua Kota di Maluku. agar mengingatkan warga yang melintasi laut agar mewaspadai angin kencang di selatan Provinsi Maluku, angin dengan kecepatan lebih dari 30 kilimeter per jam, dimungkinkan akan melanda wilayah itu.

Angin kencang itu berpeluang terjadi di Kabupaten Maluku Tenggara, Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara Barat(MTB) maupun Maluku Barat Daya(MBD) selama dua hari kedepan mulai 11 Juli ini

Angin kencang ini juga mempengaruhi tinggi gelombang yang diprakiraan lebih dari dua meter di perairan MBD maupun MTB, Tanimbar, Kei, Geser, Ambon serta laut Aru, Arafura, Banda, Buru.

MTB bisa mengingatkan Dalam kondisi cuaca ekstrem, redaksiistrator Pelabuhan (Adpel) Ambon bisa tidak memberikan izin berlayar, bahkan sekiranya dipandang perlu aktivitas pelayaran untuk sementara ditutup sambil menunggu laporan perkembangan cuaca terbaru.

Sementara BPBD minta kepada seluruh pengguna jasa transportasi untuk memaklumi bila terjadi penundaan dan keterlambatan jadwal keberangkatan pesawat atau kapal laut akibat faktor cuaca karena pertimbangan perlunya memprioritaskan keselamatan.