delikreportase.com

Copyright © delikreportase.com
All rights reserved
Desain by : Aditya

Lima Nelayan Cilacap Ditangkap Bawa Imigran Gelap

 

Lima Anak Buak Kapal (ABK) ditetapkan sebagai tersangka karna diduga terlibat penyelundupan imigran gelap, dan telah dilakukan penahanan, para tersangka ini, merupakan rentetan diamankannya warga Timur Tengah di Banyumas dan Cilacap, beberapa waktu sebelumnya. Meski ditangkap di Pacitan, namun para ABK tersebut akan menjalani proses hukum di Cilacap. Sebab, tempat kejadian perkara berada di wilayah ujung barat Jateng tersebut.
.
"Kelimanya Patahudin, Zaenudin, Sukardi, Didik Santoso dan Ahmad Rifai. Mereka berasal dari beberapa daerah berbeda. Seperti Banyumas, Cilacap, Malang dan NTT. Mereka kita amankan setelah perahunya terdampar di Pantai Watukarung (Pacitan)," ujar Kasatreskrim Polres Pacitan, AKP Sukimin, kepada wartawan, Selasa (27/8/2013).

Disebutnya, ketika terdampar dan ditangkap, para tersangka sedang berupaya kabur ke arah timur. Ini setelah mereka menerima informasi jika anggota kelompoknya diringkus di Banyumas dan Cilacap. Di 2 lokasi itu polisis mengamankan 49 warga Timur Tengah.

Hasil penyidikan, para tersangka diketahui menjadi bagian dari sindikat penyelundup manusia. Mereka menyediakan transportasi kapal dari pantai menuju kapal besar di tengah laut untuk selanjutnya dibawa ke Pulau Christmas, Australia. Untuk pekerjaan ilegal itu mereka mendapat upah Rp 130 juta dari seseorang berinisial H, warga Malang.

"Penyidik semakin curiga karena selama mereka berasal dari beberapa daerah berbeda. Apalagi saat dimintai keterangan terkesan berbelit-belit," terang Sukimin seraya menjelaskan pihaknya terus mengembangkan kasus ini.